Pengertian Proxy

Saat ini Proxy sudah menjadi hal yang umum bagi pengguna internet. Proxy merupakan teknik yang standar untuk akses jaringan Internet secara bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus dalam sebuah instalasi jaringan lokal (LAN) melalui sebuah modem. Bisa dibilang bahwa Proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Pada umumnya Proxy digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

 

Proxy diibaratkan seperti perantara, kalau dalam kehidupan sehari hari biasa kita kenal sebagai calo, makelar, dll. Jika tidak ada Proxy, maka pada saat anda mengetik alamat URL di google misalnya www.facebook.com, maka pada saat itu juga komputer anda akan mengirimkan permintaan ke komputer server google tanpa melalui perantara. Dan saat komputer server google menerima permintaan anda, google akan mengirim balasan berupa halaman web yang tampil dikomputer anda.

Sistematis Proxy

Lalu bagaimana jika menggunakan Proxy? Jika kita menggunakan Proxy, maka pada saat anda mengetik alamat URL di google, pada saat itu komputer anda lansung mengirimkan request, tapi tidak langsung ke komputer server google, melainkan ke komputer yang berperan sebagai proxy server, dan jika sudah menerima request anda, maka server proxy kemudian melanjutkannya ke komputer server google. Dan sebaliknya jika komputer server google sudah menerima permintaan anda, maka akan mengirim balasan ke proxy server kemudian dilanjutkan oleh proxy server ke komputer anda.

 

Jadi apa kegunaan memakai Proxy ??? Untuk mengetahui kegunaan proxy bisa kita lihat dari tujuan awal proxy dibuat. Proxy dibuat dengan tujuan untuk mengambil, membawa, dan menyampaikan, lalu mengembalikan setiap request dari client, kemudian menyimpan request tersebut kedalam Cache (tempat penyimpanan sementara).

 

Proxy dapat mempercepat proses pelayanan, karena pada saat komputer anda merequest halaman web google melalui proxy, maka halaman tersebut akan disimpan oleh proxy kedalam cache, tujuannya jika suatu saat nanti anda merequest halam web yang sama, maka proxy tidak perlu lagi mengirim request anda ke server google untuk mengambil permintaan anda, tetapi proxy cukup mengambilnya dari dalam cache saja, dengan begitu proses pelayanan request anda akan menjadi lebih cepat. Cara kerja proxy sangat ideal digunakan oleh suatu sistem, dimana ada lebih dari satu user yang mengakses satu jalur yang sama untuk ke internet.

Share This

Instalasi-jaringan.com :

Selamat datang di instalasi-jaringan.com, bagikan informasi ini bila anda rasa bermanfaat, terima kasih